💻FAQ Cara Belajar

Bagaimana tipe pembelajaran kelas Kartu Prakerja di Indobot Academy?

Pembelajaran dilaksanakan secara Online Webinar (Synchronous Learning) via Google Meet sesuai dengan program yang kamu pilih.

Setelah membeli kelas di Digital Platform, kamu wajib mengisi data diri melalui klaim voucher indobot.co.id/prakerja/klaim-voucher/. Setelah klaim voucher, anda akan hubungi oleh tim Indobot Academy untuk dimasukan ke grup whatsapp. Di grup tersebut, anda akan diberikan informasi seputar pelaksanaan prakerja dan detail informasi lainnya. Tim Indobot Academy akan mengirimkan informasi dan panduan belajar melalui WA dan Email yang berisi teknis belajar mengajar didalam kelas. Kamu akan diundang ke jadwal kelas menggunakan Google Calendar.

Bagaimana proses pembelajaran kelas Kartu Prakerja di Indobot Academy?

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengikuti pembelajaran kelas Kartu Prakerja di Indobot Academy Sebelum sesi belajar mengajar dimulai:

  1. Partisipan program/student akan diundang melalui LMS Ozami. Informasi berupa waktu dan lokasi beserta link Zoom akan dicantumkan di dalam LMS Ozami.

  2. Mengingat proses belajar mengajar saat ini dilakukan Online Webinar, maka media yang digunakan untuk proses belajar mengajar adalah Zoom. Peserta akan mendapatkan link pada undangan kalender, grup WA dan LMS Ozami. Berikut tampilan proses pembelajaran melalui Zoom.

  3. Untuk kelas yang ditunda atau dialokasikan ke batch dan/atau program lain, partisipan program/student akan diinfokan minimal 1 hari kalender setelah kelas dinyatakan ditunda atau dialokasikan ke batch dan/atau program lain.

  4. Pastikan agar student mengikuti kelas dengan email yang terdaftar. Indobot Academy tidak bertanggung jawab jika student tidak dapat mengikuti kelas dikarenakan email untuk login ke dalam kelas berbeda dengan yang didaftarkan.

Pada saat sesi belajar mengajar berlangsung:

  1. Partisipan program/student diharapkan menghidupkan kamera saat sesi belajar mengajar berlangsung.

  2. Selain komunikasi yang dibangun selama pembelajaran berlangsung melalui Zoom, komunikasi antara Instructor, Peserta dan Operation team dapat dilakukan melalui Email, WA Grup dan LMS Ozami.

  3. Laptop yang digunakan dan tools yang dibutuhkan DIREKOMENDASIKAN untuk pemenuhannya, dimana pemenuhan keduanya akan menunjang proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien.

  4. Berikut informasi laptop dan spesifikasinya yang direkomendasikan untuk masing-masing program:

ProgramDevice Requirement (Direkomendasikan)

Pelajari Fundamental Kelistrikan Rumah

Untuk persyaratan device minimal adalah Processor Intel Celeron atau Core i3 (recommended: Core i5), RAM minimum 4GB (recommended: 8GB), menggunakan OS windows 7/10/11, Mac OS atau Linux dan setidaknya ada 50GB storage available

Pelajari Fundamental Internet of Things untuk Pekerja Industri

Untuk persyaratan device minimal adalah Processor Intel Celeron atau Core i3 (recommended: Core i5), RAM minimum 4GB (recommended: 8GB), menggunakan OS windows 7/10/11, Mac OS atau Linux dan setidaknya ada 50GB storage available

Belajar Bahasa Inggris untuk Resepsionis Hotel

Untuk persyaratan device minimal adalah Processor Intel Celeron atau Core i3 (recommended: Core i5), RAM minimum 4GB (recommended: 8GB), menggunakan OS windows 7/10/11, Mac OS atau Linux dan setidaknya ada 50GB storage available

Asah Skill Public Speaking untuk Tim Pemasaran

Untuk persyaratan device minimal adalah Processor Intel Celeron atau Core i3 (recommended: Core i5), RAM minimum 4GB (recommended: 8GB), menggunakan OS windows 7/10/11, Mac OS atau Linux dan setidaknya ada 50GB storage available

  1. Partisipan program/student diharapkan mengisi absensi kehadiran yang dapat diakses pada link berikut datalisa.id/presensi-prakerja. Data-data untuk keperluan absensi student akan diinformasikan melalui channel komunikasi oleh tim Operasional Indobot Academy.

  2. Absensi bersifat WAJIB dimana toleransi ketidakhadiran peserta adalah hanya 1 sesi per program per batch. Kehadiran partisipan program/student merupakan instrumen penilaian dalam setiap program.

  3. Student WAJIB menyelesaikan 100% completion pada setiap materi di kode.id untuk mendapatkan sertifikat. Berikut tampilan completion:

  4. Durasi pembelajaran bergantung pada sesi yang tersedia di masing-masing program yang dipilih. Detail sesi sebagai berikut:

ProgramDurasi Pembelajaran

Pelajari Fundamental Kelistrikan Rumah

15 jam pembelajaran, 6 sesi

Pelajari Fundamental Internet of Things untuk Pekerja Industri

15 jam pembelajaran, 6 sesi

Belajar Bahasa Inggris untuk Resepsionis Hotel

15 jam pembelajaran, 6 sesi

Asah Skill Public Speaking untuk Tim Pemasaran

15 jam pembelajaran, 6 sesi

  1. Media penyimpanan untuk assignment dan unjuk keterampilan dapat dilakukan di Github dan/atau upload file tugas ke LMS Ozami. Partisipan program/student akan diberitahukan oleh instruktur bagaimana penggunaan dan penyimpanan tugas/unjuk keterampilannya.

  2. Untuk upload tugas ke LMS Ozami, dapat mengikuti langkah pada link berikut Setelah sesi belajar mengajar berakhir:

    1. Instrumen penilaian terdiri dari: maksimal ketidakhadiran hanya 1 sesi per program per batch, Grading akan berdasarkan Rubric per program, penilaian atas pre test, kuis, post test dan unjuk keterampilan.

    2. Durasi pengumpulan unjuk keterampilan adalah max. 3 x 24 jam setelah sesi terakhir dan durasi penilaian unjuk keterampilan adalah max. 2 x 24 jam setelah pengumpulan oleh instruktur.

    3. Bagi student yang melebihi batas waktu pengumpulan unjuk keterampilan dan assignment tanpa izin dan/atau alasan yang jelas, maka sertifikat tidak dapat kami kirimkan.

    4. Partisipan program/student akan men-submit unjuk keterampilan di akhir pembelajaran.

    5. Jika ada issue seperti code error atau tidak dapat dijalankan dan hal teknis yang terkait dengan materi pembelajaran, maka partisipan program/student dapat menanyakan kepada Instruktur setelah pembelajaran hari itu selesai by email dan akan dijawab oleh Instruktur maksimal 3x24 jam yang terdiri dari 1 kali balasan email. Pertanyaan dapat juga diajukan melalui Slido yang tersedia pada setiap lesson.

    6. Di akhir program, partisipan program/student akan mendapatkan certification of completion setelah peserta menyelesaikan pre test, quiz, post test dan mengumpulkan unjuk keterampilan dengan maksimal ketidakhadiran hanya 1 sesi per program per batch dan mengisi form feedback belajar mengajar yang dilakukan dengan mengisi form di akhir lesson LMS Ozami.

    7. Sertifikat dapat didownload langsung di LMS Ozami dan share ke Linkedin.

Last updated